This image has an empty alt attribute; its file name is 100915754_2747700092163054_7306366435721216000_o.jpg

Merupakan layanan yang memberikan bantuan, petunjuk atau bimbingan kepada pengguna untuk menemukan bahan perpustakaan atau informasi serta memberikan pedoman kepada petugas agar dapat melayani pengguna dengan baik.

Prosedur untuk memperoleh layanan ini meliputi :
1. Pustakawan menerima permintaan, pertanyaan dari pengguna
2. Menganalisa pertanyaan
3. Menentukan sumber rujukan yang tepat
4. Melakukan penelusuran
5. Menyampaikan jawaban yang diajukan pengguna

Jenis-jenis koleksi referensi meliputi :

  1. Ensiklopedi adalah : Hasil kerja manusia yang memuat informasi-informasi tentang suatu subyek pada setiap bidang pengetahuan, yang biasanya disusun menurut abjad.
  2. Kamus : Kamus berasal dari bahasa latin : Dictionarium yang berarti pengulangan kata-kata dan disusun secara abjad.
  3. Buku Tahunan/almanac : Buku tahunan biasanya memuat keterangan mengenai kejadian-kejadian dan perkembangan dalam bidang tertentu selama satu tahun, dan biasanya pula memuat data statistik, buku tahunan umumnya diterbitkan setiap tahun.
  4. Buku petunjuk (direktori) : Buku untuk memperoleh informasi tentang nama lengkap, alamat dan sebagainya.
  5. Buku Pegangan dan buku pedoman : Buku yang memuat keterangan-keterangan tentang suatu bidang tertentu, dan diberikan dalam bentuk yang padat.
  6. Bibliografi : Suatu daftar penerbitan, baik dalam bentuk buku maupun berkala, bahkan dapat pula dalam bentuk bahan-bahan khusus.
  7. Indeks dan Abstrak : Suatu daftar yang disusun secara sistematis yang bisa memberikan informasi tentang sesuatu hal dan memungkinkan untuk diikuti.
  8. Sumber-sumber ilmu bumi : Sumber ilmu bumi merupakan sumber referensi yang memuat atau memberikan keterangan mengenai lokasi tempat, gunung, batas negara dan sebagainya.
  9. Sumber Biografi : Buku yang memuat mengenai daftar riwayat hidup seseorang dan biasanya keterangan ini disusun berdasarkan abjad.
  10. Terbitan Pemerintah: Terbitan yang berhubungan dengan soal-soal pemerintahan